get app
inews
Aa Read Next : Meriah Peringatan Hari Santri Nasional dan Maulid Nabi Majelis Dzikir Rohmatul Ummah

Apa yang Harus Kita Lakukan Saat Maulid Nabi Muhammad SAW, Ini Kata Imam Jalaluddin As-Suyuthi

Sabtu, 14 September 2024 | 17:10 WIB
header img
Imam Jalaluddin As-Suyuthi dalam Kitabnya Husnul Maqshid fi Amalil Mawlid menganjurkan Maulid Nabi Muhammad SAW diisi dengan berbagai kegiatan dan amalan yang baik. (Foto : SINDOnews.com/MPI)

Masih dalam kitabnya Husnul Maqshid fi Amalil Mawlid, Jalaluddin As-Suyuthi menyebut beberapa contoh aktivitas yang dapat dilakukan umat Isam saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:

1. Membaca Al-Qur’an

Umat Islam dapat memperbanyak berinteraksi dengan Al-Qur’an yang merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW. Selain membacanya kita pun bisa mentadaburi terjemahan dan kandungan ayatnya agar keimanan kita meningkat, hati terasa tenteram dan damai.

2. Berbagi Makanan

Jika kita memilki keluasan rejeki dapat berbagi makanan yang merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Karena dlam kondisi lapar jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan aktivitas terganggu selebihnya menimbulkan banyak penyakit. Islam adalah agama penuh cinta kasih dan berbagi makanan merupakan salah satu bentuk kasih sayang agama ini.

Nabi Muhammad SAW terkenal sangat dermawan dan senang berbagi makanan. Guna meneladaninya kita pun bisa juga ikut bersedekah pangan untuk keluarga prasejahtera dimanapun kita berada. Banyak cara untuk bersedekah terlebih di era digital seperti saat ini.

3. Memberikan Sedekah

Momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga bisa diisi dengan bersedekah. Selain sedekah makanan kita pun bisa bersedekah dalam bentuk lain. Misalnya bersedekah air bersih. Banyak umat Islam diberbagai pelosok mengalami kriis air bersih. Jika pun ada mereka harus membelinya dengan harga mahal. Dengan bersedekah air bersih, maka kita akan mempermudah kehidupan orang lain. Bahkan, Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan Abu Daud bersabda bahwa, “sedekah yang paling utama adalah memberi air”.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut