get app
inews
Aa Read Next : Bupati Ade Yasin: Sektor Pertanian Akan Digenjot Pulihkan Ekonomi Imbas Pandemi

5 Herbal Baik Dikonsumsi saat Isolasi Mandiri, Nomor 3 Bisa Cegah Kanker

Rabu, 11 Agustus 2021 | 14:42 WIB
header img
Mengonsumsi herbal seperti jahe, kunyit atau meniran dianjurkan saat isolasi mandiri untuk menguatkan imunitas. (Foto: ilustrasi/TimesofIndia).

JAKARTA, iNews.id – Rempah-rempah atau herbal memiliki banyak kandungan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, imunitas yang baik sangat penting untuk menangkal masuknya berbagai penyakit.

Imunitas yang baik juga diperlukan untuk mempercepat penyembuhan ketika sakit. Bukan hanya Covid-19, namun juga semua penyakit. Saat isolasi mandiri, misalnya, meningkatkan daya tahan tubuh sangat dianjurkan.

Banyak cara untuk memperkuat imunitas, salah satunya mengonsumsi herbal. Selain murah dan banyak tersedia di sekitar, kandungan alami pada herbal dinilai aman.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr Inggrid Tania, mengungkapkan, selain menjalankan protokol kesehatan 5M secara ketat, masyarakat juga harus menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah terinfeksi Covid-19. Salah satunya dengan konsumsi herbal. 

“Sejumlah herbal seperti meniran, daun kelor, kunyit, habbatussauda (jintan hitam), dan jahe, terbukti memiliki kandungan zat aktif yang berkhasiat mempercepat pembentukan sel imun dan meningkatkan kerja sel imun dalam tubuh,” kata Inggrid, melalui keterangan tertulis, dikutip Rabu (10/8/2021). 

Berikut 5 herbal penting dikonsumsi saat isolasi mandiri:

1.    Habbatussauda
Habbatussauda mengandung thymoquinone dari jintan hitam yang berkhasiat membentuk dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

2.    Meniran
Herbal meniran dipercaya efektif membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengatasi masuk angin. 

3.    Jahe 
Jahe bersifat antiinflamasi dan antioksidatif. Herbal ini juga memiliki potensi sebagai antimikroba yang dapat membantu mengobati penyakit menular. Jahe juga disebut-sebut bisa mencegah berbagai jenis kanker.

4.    Kunyit
Kunyit berfungsi sebagai antiinflamasi, membantu mengurangi gejala arthritis dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Tanaman herbal yang bagus untuk sistem imun ini memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri.

5. Kojima
Kojima yaitu kombinasi kurma, jintan hitam dan madu, sangat baik untuk memelihara imunitas dan melengkapi kebutuhan nutrisi harian. 

 

Editor : ZenTeguh

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut