BOGOR,- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan Kepolisian terus berkomitmen untuk mewujudkan serta memberikan pelayanan publik yang terbaik dan prima bagi masyarakat. Hal itu juga telah dituangkan dalam konsep transformasi menuju "Polri yang Presisi, pada bidang transformasi pelayanan publik"
Diketahui, berdasarkan hasil evaluasi dari KemenPAN-RB, terdapat 27 satwil yang berhasil mendapat penghargaan kategori A berpredikat pelayanan prima. Lalu, 78 satwil mendapat penghargaan kategori A- atau berpredikat pelayanan sangat baik.
Salah satu di antaranya satwil yang mendapatkan penghargaan adalah Polresta Bogor Kota, .Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan seperti yang disampaikan Kapolri bahwa di era perkembangan teknologi informasi pada era revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, pelayanan publik saat ini harus meninggalkan budaya lama yang tidak baik.
Dewasa ini, dengan semangat reformasi birokrasi, pelayanan kepada masyarakat harus baik, cepat, tidak berbelit-belit, ramah dan responsif.
Untuk itu kata Susatyo yang menjadi motivasi pelayanan di Polresta Bogor Kota ini jauh lebih baik yaitu karena Polresta Bogor Kota memiliki niat agar ruangan terbaik di kantor Polresta ataupun di jajaran polsek adalah ruangan untuk masyarakat.
"Sehingga masyarakat bisa lebih memiliki atau menjadikan polisi menjadi bagian dari kegiatan kegiatan masyarakat," ujarnya.
Atas apa yang dilakukan itu Polresta Bogor Kota mendapat berbagai penghargaan.
Perhargaan juara 1 dan nilai A dalam pelayanan prima di Polresta Bogor Kota ini didapatkan atas pelayanan yang lebih baik dibidang SIM dan SKCK.
Penghargaan ini diraih Polresta Bogor Kota setelah dilakukan hampir selama setahun oleh tim dari Kemenpan-RB melalui uji fisik.
Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan bahwa sejak awal Polresta Bogor Kota berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya di wilayah hukum Kota Bogor dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat untuk meningkatkan kenyamanan bagi masyarakat yang mengakses pelayanan di Polresta Bogor kota.
"Ada enam aspek yang dinilai pada pelayanan publik ini yaitu masalah kebijakan pelayanan profesionalisme SDM, sarana dan prasarana sistem informasi pelayanan publik konsultasi dan pengaduan serta inovasi yang dibuat oleh satuan tersebut," katanya.
Selain pelayanan prima di kantor Polresta Bogor Kota dan jajaran polsek Susatyo juga membuat berbagai program terobosan untuk memberikan pelayanan keamanan, ketertiban dan kenyamanan masryarakat.
"Yang menjadi fokus kami adalah menghadirkan polisi lebih banyak di masyarakat sehingga masyarakat bisa dekat dengan polisi dan juga bisa mencegah dan menangani kejahatan-kejahatan street crime yang meresahkan sehingga masyarakat aman dalam berkegiatan,"katanya.
Atas capaian yang diraih ini kata Susatyo, sudah dirumuskan sejak dirinya menjabat sebagai Kapolresta Bogor Kota pada Januari 2021 lalu.
"Dan alhamdulillah berdasarkan evaluasi dari ombudsman kami mendapatkan nilai tertinggi di Jawa Barat dan menjadi juara satu dalam penilaian kepatuhan terhadap pelayanan publik terakhir kami mendapatkan penghargaan dari Kemenpa.-RB dalam pelayanan publik dengan nilai A atau pelayanan prima dimana tidak mudah mendapatkan itu dan capaian ini perhargaan pertama yang tertinggi yang diraih," katanya.
Sementara itu Kabag Rencana Kompol Sri M mengatakan pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat ini menjadi poin penting dari satuan yang dinilai berkomitmen untuk melakukan perubahan di dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
Sehingga raihan tersebut sesuai dengan tugas dan fungsi satuan ketika para petugas hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan.
"Bapak Kapolresta selalu memberikan motivasi dan penekanan penekanan ini kepad aseluruh anggota Polresta Bogor Kota dimana dalam tugas pelayanan ini tidak bersifat sektoral. Seluruh anggota dibagian apapun bertugas wajib utk memberikan pelayanan yang baik dan selalu hadir ditengah tengah masyarakat," ujarnya.
Komitmen tersebut selalu ditanamkan oleh Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo condro kepada anggota Polreata Bogor Kota.
Di samping itu komitmen pelayanan itu juga bukan hanya dalam kehadiran anggota dilapangkan tetapi berkomitmen untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat dalam menerima layanan terutama di SPKT, SKCK maupun SIM.
"Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya sentra pelayanan publik terpadu Parama Satwika , yang mana di dalam sentra ini masyatakat dapat melakukan layanan surat kehilangan atau pembuatan LP, pembuatan atau perpanjangan SKCK, Layanan Dimas terpadu, Bezuk Tahanan melalui virtual dan layanan khusus perempuan dan anak. Dilengkapi dengan ruang tunggu, area bermain anak, toilet yang nyaman dan bersih,” pungkasnya.
Editor : Hilman Hilmansyah