get app
inews
Aa Read Next : 135 Pelaku UMKM di Kota Bogor Ikuti ‘UMKM Naik Kelas’

PMI Kota Sukabumi Siap Hadapi Bencana

Jum'at, 28 Mei 2021 | 12:54 WIB
header img
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menggelar Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Peta Risiko kesiapsiagaan bencana gempa bumi kepada tokoh masyarakat di Kelurahan Baros (Foto: portal.sukabumikota.go.id)

BogorRaya, iNews.id - Dalam rangka mempersiapkan menghadapi bencana alam, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menggelar Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Peta Risiko kesiapsiagaan bencana gempa bumi kepada tokoh masyarakat di Kelurahan Baros, pada hari Kamis  27 Mei 2021.

Ketua PMI Kecamatan Baros, Ade Maryono mengatakan, melalui kegiatan sosialisasi ini juga ditekankan komitmen bersama dari semua unsur, terutama dari pihak kecamatan dan kelurahan untuk rencana tindak lanjut keberlangsungan dari inisiasi SOP ini, seperti kesiapan melakukan kegiatan simulasi, dan evakuasi secara mandiri dilingkungannya. Dijelaskannya kegiatan ini merupakan rangkaian program kesiapsiagaan gempa bumi yang dilaksanakan melalui dukungan PMI pusat, USAID dan Palang Merah Amerika (Amcross) yang dilakukan di wilayah Baros.

 Kegiatan ini merupakan rangkaian dari tahapan sebelumnya yang meliputi penyusunan dokumen SOP secara partisipatif di kelurahan, kemudian di uji coba melalui simulasi dan lapangan, dan tahap akhir dokumen akan di revisi serta dilakukan finalisasi untuk SOP kesiapsiagaan gempa bumi di kelurahan.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kota Sukabumi, Zaini menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para tokoh masyarakat yang berada di Kelurahan Baros mengenai SOP yang mengatur peran dan fungsi masing – masing dalam penanggulangan bencana. Selain itu pihak PMI juga mensosialisasikan Panduan Keluarga Aman dan Tangguh (KUAT) di masyarakat.

 

Editor : Zamzami Ramadhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut