Sejarah Nama Pademangan, Wilayah yang Jadi Lokasi Ganjar Blusukan

Muhammad Rio Alfin Pulungan
Kolase foto sejarah gadis dan pria Indo di pantai Cilincing, Jakarta Utara (tahun 1932) dan Ganjar Pranowo saat blusukan di Pademangan. (Foto: Diolah dari Google).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Nama Pademangan menjadi sorotan publik setelah calon presiden 2024 dari PDIP, Ganjar Pranowo, melakukan blusukan dalam rangka safari politik di kawasan tersebut. Terlepas dari hal itu, nama Pademangan ternyata memiliki sejarah di kalangan masyarakat Betawi.

Bagi penduduk Jakarta Utara, kata Pademangan sudah menjadi hal biasa. Pademangan merupakan sebuah kelurahan di wilayah Jakarta Utara yang berbatasan dengan Kemayoran, Jakarta Pusat, secara geografis.

Pademangan juga bersebelahan dengan Teluk Jakarta di sebelah utara, Penjaringan dan Taman Sari di sebelah Barat, Tanjung Priok di sebelah Timur, serta Sawah Besar dan Kemayoran di sebelah Selatan.


Peta wilayah Pademangan di Jakarta Utara.

Konon, asal mula wilayah Pademangan dapat ditelusuri pada masa penjajahan Belanda dengan VOC. Pada waktu itu, daerah tersebut didiami oleh tokoh-tokoh pribumi Betawi yang memiliki pangkat Demang Betawi. 

Oleh karena itu, nama tempat tersebut kemudian disebut Pademangan oleh masyarakat. Kata "Pademangan" sendiri terbentuk dari kata "Per-demang-an".

Penjelasan mengenai asal usul Pademangan, Jakarta Utara telah diungkapkan dalam buku berjudul 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe karya Zaenuddin HM, yang diterbitkan oleh Ufuk Press pada Oktober 2012.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network