Airlangga: Program Makan Siang Gratis di APBN 2025 Tunggu Keputusan Pemenang Pemilu 2024

Alpin Pulungan
Airlangga Hartarto mengungkapkan pembahasan mengenai program makan siang gratis dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 masih tertunda. (Foto: Antara).

Menurut Airlangga, kebijakan tersebut akan digarap lebih lanjut oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Ia mengungkapkan bahwa penyusunan kebijakan tersebut direncanakan akan dilakukan dalam waktu satu bulan ke depan.

"Karena APBN kan akan lebih detail lagi 1 bulan ke depan. Jadi masalah Kementerian dan yang lain itu bagian dari amplop APBN," tuturnya.

Anggaran dan rincian pelaksanaan makan siang gratis saat ini masih dalam tahap penentuan. Sebelumnya, Airlangga mengemukakan bahwa dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dapat menjadi salah satu opsi pendanaan untuk program yang diusung oleh calon presiden Prabowo Subianto.

"Karena model untuk SD dan SMP kita relatif punya sistem, punya pipeline anggaran, salah satunya melalui BOS, secara spesifik itu bisa dibuat," ujar Airlangga saat mengunjungi simulasi makan siang gratis di SMPN 2 Tangerang.

Airlangga juga menepis anggapan bahwa simulasi makan siang gratis yang dihadirinya merupakan bagian dari program calon presiden (capres) Prabowo Subianto. 

Ia menjelaskan bahwa simulasi tersebut bertujuan untuk memahami mekanisme dan pembiayaan, serta akan menjadi bahan pembelajaran untuk pembuatan kebijakan publik.

Editor : Furqon Munawar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network