Insiden Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur, KNKT: Peringatan Serius bagi Keselamatan Penerbangan

Alpin Pulungan
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkap insiden yang melibatkan dua awak pesawat Batik Air yang tertidur saat menerbangkan pesawat. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkap insiden yang melibatkan dua awak pesawat Batik Air yang tertidur saat menerbangkan pesawat.

Kejadian tersebut terjadi pada 25 Januari 2024, saat pesawat Airbus 1320 dengan registrasi PK-LUV melakukan penerbangan rute Jakarta-Kendari pulang pergi.

Menurut laporan KNKT, pilot berusia 32 tahun dan kopilot berusia 28 tahun tertidur selama sekitar 30 menit saat mengoperasikan pesawat tersebut.

Kopilot sebelumnya telah mengungkapkan kepada pilot bahwa ia kurang istirahat sebelum keberangkatan dari Jakarta. Pilot kemudian menawarkan kopilot untuk tidur selama 30 menit agar bisa beristirahat, dan perjalanan pun berlangsung tanpa kendala.

Ketika pesawat tiba di Kendari, pilot dan kopilot makan mie instan di dalam kokpit sambil menunggu jadwal penerbangan berikutnya. Persiapan untuk terbang kembali ke Jakarta berjalan lancar, dan pesawat lepas landas pukul 07.05 waktu setempat dengan nomor penerbangan BTK6723, dengan total penumpang 153 orang.

Pada pukul 07.37 waktu setempat, kedua pilot melepas headset dan menyalakan loudspeaker dengan volume kencang. Pilot meminta izin kepada kopilot untuk beristirahat, dan izin pun diberikan. Namun, beberapa detik kemudian, pilot tertidur dan kopilot mengambil alih tugas sebagai Pilot Monitoring (PM).

Editor : Furqon Munawar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network