YAPINA dan KPPPA Beri Pelatihan Penguatan Keluarga Penyintas Bencana di Cianjur

Patris Arifin
YAPINA dan KPPPA memberikan pelatihan penguatan bagi keluarga penyintas bencana di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Foto: Dok. YAPINA

JAKARTA, iNewsBogor.id - Yayasan Pendidikan Islam Al-Inayah (YAPINA) bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) memberikan pelatihan penguatan bagi keluarga penyintas bencana di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kegiatan yang berlangsung pada Jumat (17/5/2024) tersebut diikuti ratusan peserta, yang didominasi oleh para perempuan korban gempa bumi Cianjur pada 2022 silam.

Asisten Deputi (Asdep) PHP dalam Rumah Tangga dan rentan KPPPA, Eni Widiyanti menerangkan bahwa pelatihan penguatan keluarga penyintas bencana sangat penting.

Menurutnya, keluarga penyintas bencana, terutama perempuan dan anak-anak sangat rentan mengalami kekerasan.

Menurut Eni ada beberapa sebab yang melatarbelakangi kerentanan itu meningkat, antara lain karena mereka terpisah dari keluarga; akses perlindungan, layanan kesehatan, penidikan, keamanan terganggu; sistem dukungan masyarakat tidak berfungsi; serta meningkatnya kehadiran orang asing (pemberi bantuan, sesama pengungsi, militer).

"Bencana juga berpotensi meningkatkan kekerasan berbasis gender, seperti pelecehan seksul, pemerkosaan, kekerasan fisik, serta perdagangan orang," ungkap dia.

Editor : Furqon Munawar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network