Tips Atasi Godaan Hidangan Lebaran, Jangan Kalap Tetap Jaga Pola Makan

Masakan dari daging ayam (Pxhere)

BogorRaya, iNews.id - Merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan menyantap sajian aneka hidangan sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Hidangan itu disantap bersama keluarga atau kerabat. Namun mengonsumsi makanan secara berlebihan saat lebaran bisa berdampak bagi kesehatan. 

Untuk itu, perlu tetap menahan diri sehingga tidak menyantap makanan yang dihidangkan secara berlebihan. Dengan menjaga porsi asupan makanan, kesehatan bisa tetap terjaga.  

Dokter Spesialis Gizi Rumah Sakit Pusat Pertamina, dr Diani Adrina SpGK menjelaskan efek yang akan muncul apabila tidak menjaga pola makan saat lebaran.  

“Misalnya mengonsumsi makanan bersantan dalam jumlah banyak, mengonsumsi minuman bersoda dan manis dalam jumlah banyak, itu akan menyebabkan kenaikan kolesterol darah pada saat kita check up,” ujarnya alam video yang diunggah di channel YouTube Pertamina seperti dikutip dari iNews.id, Jumat (14/5/2021). 

Tak hanya itu, tidak menjaga makan saat Lebaran juga bisa menyebabkan kenaikan trigliserida darah, atau bahkan yang berpotensi menyebabkan kenaikan gula darah. Bahkan dalam beberapa kasus lain, ada yang menyebabkan masalah pada saluran pencernaan.  

“Masalah lambung ini kerap sekali ditemukan pada saat Idul Fitri pertama kedua, dan ketiga, sebab pada saat itu seseorang makan sedang banyak-banyaknya. Konsumsi makanan dengan tidak berlebihan saat perayaan Idul Fitri adalah cara bijak untuk menjaga kesehatan tubuh kita,” pungkasnya. 

Editor : Hilman Hilmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network