
BOGOR, iNewsBogor.id - Fenomena brain rot akibat paparan konten digital berlebihan semakin mengkhawatirkan. Penelitian menunjukkan bahwa brain rot memiliki korelasi signifikan dengan penurunan motivasi belajar di kalangan siswa.
Psikolog IPB University, Nur Islamiah M. Psi., PhD menjelaskan bahwa penurunan motivasi belajar siswa disebabkan perubahan pola belajar akibat paparan konten digital yang serba instan.
Menurutnya, siswa yang terbiasa dengan konsumsi informasi instan cenderung kehilangan minat dalam tugas akademik yang membutuhkan usaha lebih, seperti membaca materi panjang atau memecahkan soal yang kompleks.
“Mereka lebih memilih aktivitas yang memberikan kepuasan instan dibandingkan proses belajar yang memerlukan ketekunan. Akibatnya, motivasi intrinsik untuk belajar menurun, karena mereka merasa lebih sulit dalam mengikuti proses pembelajaran yang lebih yang berdurasi lama dan mendalam,” ucap sosok yang akrab dipanggil ‘Ibu Mia” ini.

Psikolog IPB University, Nur Islamiah M. Psi., PhD. (Foto : Istimewa)
Di samping itu, Mia mengatakan, kelelahan mental akibat overstimulasi digital membuat siswa kurang termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. “Ketika otak terus-menerus menerima rangsangan dari media sosial atau konten hiburan, aktivitas belajar yang lebih statis terasa membosankan dan kurang menarik,” paparnya.
Editor : Furqon Munawar
Artikel Terkait