Logo Network
Network

Kuliner Betawi Bisa Jadi Ikon Sekaligus Penggerak Ekonomi Sirkular Masyarakat

Tim iNews.id
.
Rabu, 01 Desember 2021 | 14:11 WIB
Kuliner Betawi Bisa Jadi Ikon Sekaligus Penggerak Ekonomi Sirkular Masyarakat
Meski mau menerima dan berinteraksi dengan siapapun juga, masyarakat Betawi masih memegang teguh tradisi, termasuk urusan kuliner. (Foto: Ist)

JAKARTA,iNews.id -  Salah satu ciri khas Kota Jakarta adalah kulinernya. Suku Betawi adalah warga asli Jakarta yang mempunyai karakter terbuka dengan siapapun juga.   

Meski mau menerima dan berinteraksi dengan siapapun juga,  masyarakat Betawi masih memegang teguh tradisi, termasuk urusan kuliner.

Salah satu kuliner khas Betawi yang sarat makna adalah “kue satu”. Kue yang terbuat dari kacang hijau ini memiliki tekstur lembut, mudah hancur menjadi perlambang dari suasana batin masyarakat Betawi, yang sedang menjalankan ibadah puasa, agar hatinya tidak mudah tergoda akan hal-hal yang bisa mengurangi nilai ibadah atau membatalkan ibadah puasa itu sendiri.  

Tidak hanya itu, kuliner Betawi menjadi kian menarik dari hadirnya sejumlah  nama yang terdengar jenaka dan mampu  membuat  penasaran (magic word). Di antaranya Sayur Belande Kecebur Lumpur, Sayur Bebanci, Nasi Begane, Bubur Ase dan lain sebagainya. 

Dari fakta sejarah, makna perlambang, keberagaman, citarasa, penggunaan rempah-rempah Nusantara, penamaan jenaka, kuliner Betawi memiliki nilai jual tinggi yang harus dieksplorasi menyesuaikan dengan zamannya. 

Follow Berita iNews Bogor di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini