Logo Network
Network

Berikut Daftar Buah dan Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Ifan Jafar Siddik/Net
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 17:51 WIB
Berikut Daftar Buah dan Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes
Biah dan sayuran yang tidak boleh di konsumsi penderita diabetes. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

Daftar sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes: 

1. Jagung  
Daftar pertama sayuran yang tidak boleh penderita diabetes adalah jagung. Jagung, baik dalam bentuk rebus maupun olahan lain, merupakan makanan pendamping yang sangat enak. Namun begitu, setengah cangkir biji jagung mengandung 21 gram karbohidrat dan hanya 2 gram serat. 

Kandungan karbohidrat yang tinggi ini perlu diwaspadai penderita diabetes.  Selain itu, kurangnya serat juga tak baik bagi orang dengan diabetes. Sebab, serat membantu memperlambat proses pemecahan karbohidrat menjadi glukosa.  Imbasnya, pelepasan glukosa dalam darah menjadi lebih lambat, sehingga gula darah tak langsung meningkat. Apabila masih ingin mengonsumsi jagung, pastikan untuk memakannya dalam porsi kecil. Selain itu, lengkapi pula dengan konsumsi protein serta makanan berserat tinggi.  

2. Kentang dan ubi  
Daftar kedua sayuran yang tidak boleh penderita diabetes adalah kentang dan ubi. Kentang dan ubi adalah sayuran dengan kandungan karbohidrat paling tinggi daripada sayuran lainnya. Meski tak benar-benar dilarang, penderita diabetes sebaiknya membatasi asupan kentang maupun ubi untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. 

Sebagai alternatif, pengidap diabetes bisa menjauhi kentang dan ubi olahan, seperti kentang goreng dan keripik.  Sebab, konsumsi kentang dan ubi olahan berpotensi memunculkan rasa candu dan keengganan untuk berhenti mengunyah. Belum lagi kandungan lemak dalam makanan olahan tersebut, turut meningkatkan risiko diabetes.   

Follow Berita iNews Bogor di Google News

Halaman : 1 2 3 4 5 6
Bagikan Artikel Ini