get app
inews
Aa
Read Next : Jelang Porprov Jabar 2026, KONI Kota Bogor Memulai Test Fisik dan Cek Kesehatan Atlet

Berikut Daftar Buah dan Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Selasa, 24 Januari 2023 | 17:51 WIB
header img
Biah dan sayuran yang tidak boleh di konsumsi penderita diabetes. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

Berikut daftar buah yang tidak boleh penderita diabetes: 

1. Buah-buahan tinggi gula
Daftar pertama buah yang tidak boleh penderita diabetes adalah buah-buahan tinggi gula dan memiliki skor indeks glikemik (GI) tinggi. GI menunjukkan seberapa banyak makanan tertentu dapat meningkatkan gula darah setelah mengonsumsinya. 

Jika suatu makanan memiliki skor GI antara 70 dan 100, maka makanan tersebut masuk dalam kelompok tinggi gula. Sementara itu, beberapa buah dengan skor GI antara 70 dan 100 atau tinggi gula, yakni: Semangka, Pisang yang terlalu matang. 

Sebenarnya, buah-buahan ini masih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun dengan catatan, harus dimakan dalam jumlah sedang. 

2. Buah-buahan tinggi karbohidrat 
Daftar kedua buah yang tidak boleh penderita diabetes adalah buah-buahan tinggi karbohidrat. Dikutip dari Diabetes UK, jumlah karbohidrat yang dimakan memiliki dampak paling besar terhadap kadar gula darah seseorang. 

Oleh karena itu, asupan buah-buahan yang mengandung banyak karbohidrat juga sebaiknya dihindari atau dibatasi. Sebagai gambaran, satu apel berukuran sedang mengandung karbohidrat sekitar 15-20 gram. Sedangkan satu pisang berukuran besar mengandung karbohidrat sekitar 30 gram. 

Apabila masih ingin mengonsumsi buah-buahan kaya karbohdrat, pastikan untuk memakannya dalam porsi kecil. Selain itu, lengkapi pula dengan konsumsi protein serta makanan berserat tinggi lainnya. 

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut