get app
inews
Aa Read Next : Jelang Porprov Jabar 2026, KONI Kota Bogor Memulai Test Fisik dan Cek Kesehatan Atlet

10 Tips Aman Puasa bagi Para Penderita Maag, No 9 Sering Tidak Disadari

Jum'at, 07 April 2023 | 23:39 WIB
header img
10 Tips Aman Puasa Bagi Para Penderita Maag. (Foto: Indiatimes)

BOGOR, iNewsBogor.id - Bagi para penderita maag, memang serba salah ketika salah pilih menu makanan ataupun telat dalam waktu makan. Lalu, bagaimana penderita maag bisa tetap menjalankan puasa dengan aman?

Bagi kamu yang memiliki sakit maag, sering kali khawatir kalau gejala akan kambuh saat berpuasa. Kali ini, iNewsBogor.id akan memberikan 10 tips aman puasa bagi para penderita maag.

Sakit maag atau disebut dengan gastritis adalah sebuah peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Beberapa gejala sakit maag, antara lain mual, muntah, begah, hingga nyeri pada perut bagian atas.  

Meski berpuasa bisa terasa berat bagi penderita sakit maag, tetapi bukan berarti tidak boleh berpuasa.

Agar lebih aman dan nyaman, kamu bisa menerapkan beberapa tips puasa untuk penderita maag berikut ini:

1. Jangan Makan Terlalu Banyak Saat Sahur
Sahur itu penting agar puasa lancar untuk penderita maag. Selain untuk menyiapkan energi selama berpuasa, makan sahur juga dapat mencegah kosongnya lambung. 

Namun, ini bukan berarti kamu harus makan sebanyak-banyaknya saat sahur, apalagi makanan yang tinggi lemak. Mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak dan tinggi lemak justru bikin perut kembung dan begah, bahkan diare pada sebagian orang. Hal tersebut juga dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung dari lambung ke kerongkongan. 

Ada baiknya, kamu tidak langsung tidur setelah santap sahur. Hal tersebut dapat meningkatkan sekresi asam lambung, yang justru membuat proses pencernaan berjalan lebih lambat dan menimbulkan rasa lapar saat bangun tidur. 

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut