get app
inews
Aa Read Next : Mahfud Tak Hadiri Penetapan Capres-Cawapres Terpilih karena Undangan Telat

Ponpes Al-Zaytun Menyimpang dari Agama, Wapres Minta Mahfud dan Gus Yaqut Turun Tangan

Rabu, 21 Juni 2023 | 18:56 WIB
header img
Pondok Pesantren Al-Zaytun di Indramayu, Jawa Barat. (Istimewa)

JAKARTA, iNewsBogor.idWakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk menindaklanjuti kontroversi yang ada di Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat.

Instruksi dari Wapres itu menindaklanjuti langkah Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang telah membentuk tim pengkaji khusus untuk menganalisis surat izin Ponpes Al-Zaytun.

Ma’ruf mengatakan, bila hasil kajian menunjukkan Al-Zaytun besutan Panji Gumilang menyimpang dari agama, maka Mahfud dan Gus Yaqut harus segera turun tangan.

“Setelah kita kaji bahwa itu memang sudah ada penyimpangan, kemudian tentu akan rapat koordinasi dengan pihak Menko Polhukam dengan juga kementerian agama saya minta ditindaklanjuti,” ujar Ma’ruf dalam keterangannya, dikutip Rabu (21/6/2023).

Ma’ruf mengatakan, pemerintah bakal mendengar pandangan dari berbagai pihak terkait dengan ajaran Ponpes Al-Zaytun.

Setelah mendapat masukan, pemerintah bakal melakukan tindak lanjut. “Nanti kalau sudah ada pandangan-pandangan, saya sudah dengar dari NU Jawa Barat, Persis, kemudian dari MUI, nanti saya akan minta ini semua dirapatkan di tingkat Menko Polhukam,” tutur Ma'ruf.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut