get app
inews
Aa Read Next : Anggota DPR: Penerapan GCG di BUMN Terkendala Auditor BPK yang Koruptif

DPR Tak Setuju Subsidi Kendaraan Listrik: Itu Kebutuhan Warga Kelas Atas

Rabu, 02 Agustus 2023 | 14:32 WIB
header img
DPR tolak subsidi kendaraan listrik, sebut penggunanya untuk warga kelas atas. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, mengungkapkan keheranannya terhadap sikap pemerintah yang terkesan ingin memaksa memberikan subsidi pembelian kendaraan listrik, meskipun program ini tidak mendapat respons baik dari masyarakat. Hingga saat ini, baru 36 kendaraan listrik yang terjual.

Menurut Mulyanto, sebaiknya Pemerintah menghentikan program ini daripada memperluas cakupan dan memperlonggar persyaratan pemberian subsidi.

"Saya tidak setuju dengan subsidi pembelian motor listrik, apalagi mobil listrik. Anggaran negara yang terbatas harus diarahkan dengan tepat untuk kelompok yang lemah secara ekonomi dan termarginalisasi oleh proses pembangunan," jelas Mulyanto dalam keterangan tertulis, Rabu (2/7/2023).

Mulyanto menyatakan bahwa subsidi harus diberikan untuk komoditas publik seperti transportasi umum, seperti bus listrik dan kereta api listrik.

Mulyanto juga menduga adanya kepentingan kelompok bisnis tertentu yang berkolaborasi dengan oknum pejabat Pemerintah dalam kebijakan ini. 

Kebijakan ini memiliki nilai subsidi yang besar secara ekonomi, sehingga upaya apapun akan dilakukan untuk mengalirkan anggaran subsidi ke kelompok bisnis tersebut.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut