get app
inews
Aa Read Next : Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak Berharap Timnas U-23 Mampu Tumbangkan Guinea

Mengupak Api yang Hampir Padam: Peran Industri Batubara dalam Menopang Ketahanan Energi Nasional

Senin, 09 Oktober 2023 | 14:50 WIB
header img
Agus Effendi, ST, MS

Dalam 10 tahun ini, ketergantungan ke terhadap batubara akan masih sangat tinggi, sehingga komoditas batubara bakal menjadi penopang bagi ketahanan energi nasional.

Sebagai badan energi internasional antar pemerintah otonom yang berbasis di Paris, yang memberikan rekomendasi kebijakan, analisis, dan data mengenai seluruh sektor energi global, International Energy Agency menyebut bahwa untuk tahun kedua berturut-turut, pembangkit listrik tenaga batu bara secara global mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada tahun 2022. Hal itu mendorong emisi CO2 dari pembangkit listrik tenaga batu bara ke tingkat tertinggi dan menyumbang lebih dari sepertiga total pembangkitan listrik.

Tingginya harga gas alam akibat invasi Rusia ke Ukraina, ditambah dengan kejadian cuaca ekstrem, menyebabkan banyak wilayah beralih ke batubara untuk mengamankan pasokan listrik.

Meskipun peningkatan yang baru-baru ini terjadi pada pembangkit listrik tenaga batubara kemungkinan hanya merupakan gangguan sementara di beberapa wilayah, tren keseluruhannya tidak sejalan dengan skenario Net Zero Emissions pada tahun 2050.

Artinya, dalam beberapa tahun atau berdekade ke depan, batubara masih akan jadi sumber utama penopang bagi suplai energi nasional. Dalam perjalanan inilah, setiap pelaku di industri batubara Indonesia masih punya pekerjaan rumah demi mewujudkan ketahanan energi nasional, di mana salah satunya lewat batubara.

Oleh: Agus Effendi, ST, MS (Direktur salah satu perusahaan tambang swasta di Indonesia)

Editor : Lusius Genik NVL

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut