get app
inews
Aa Read Next : Potensi Tsunami 25 Meter Ancam Pulau Tagulandang Akibat Erupsi Gunung Ruang

Mengupak Api yang Hampir Padam: Peran Industri Batubara dalam Menopang Ketahanan Energi Nasional

Senin, 09 Oktober 2023 | 14:50 WIB
header img
Agus Effendi, ST, MS

JAKARTA, iNewsBogor.id - Indonesia tercatat sebagai salah satu raksasa batubara terbesar di dunia. Bersama Tiongkok dan Australia, Indonesia juga digadang sebagai negara dengan cadangan batu bara terbesar di kawasan Asia-Pasifik. Temuan itu bisa kita dedah dari data BP Statistical Review of World Energy tahun 2020, Indonesia menempati peringkat keenam sebagai negara yang memiliki cadangan batubara terbesar di dunia.

Sedangkan dalam Road Map Pengembangan dan Pemanfaatan Batubara 2021-2045 yang disusun oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), total cadangan terbukti batubara Indonesia terhadap dunia adalah 3,7%. Dari aspek produksi, pada tahun 2019 Indonesia menyumbang 9,0% produksi batubara dunia dengan konsumsi batubara hanya 2,2% terhadap konsumsi batubara dunia

Hal itu menunjukkan bahwa pemanfaatan batubara secara nasional untuk keperluan energi, memberikan peluang yang sangat besar untuk pemanfaatannya di masa depan. Karena konsumsi batubara dalam negeri dinilai masih jauh lebih rendah dibandingkan kapasitas produksi batubara Indonesia.

Kendati demikian, produksi batubara Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu jika mengacu dari Road Map Pengembangan dan Pemanfaatan Batubara. Khusus pada tahun 2019, produksi batubara Indonesia mengalami kenaikan produksi terbesar dalam satu dekade terakhir. Bila dibandingkan dengan produksi batubara dunia, pada tahun 2019 Indonesia menempati peringkat keempat sebagai penghasil batubara terbesar di bawah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat.

Kontribusi produksi batubara Indonesia terhadap dunia juga terus naik, seiring dengan naiknya produksi batubara Indonesia dengan rata-rata pertumbuhan produksi 8,8% per tahun.

Kenaikan produksi batubara nasional juga diikuti dengan kenaikan ekspor dan pemenuhan Domestic Market Obligation (DMO). Sementara itu, meskipun jumlahnya relatif kecil, impor batubara Indonesia selama lima tahun terus mengalami kenaikan. Pada tahun 2020, total impor batubara Indonesia mencapai 8,76 juta ton. Tren terus naiknya impor batubara tidak terlepas dari peningkatan kebutuhan batubara untuk industri metalurgi dalam negeri seperti industri besi baja dan fasilitas smelter.

Editor : Lusius Genik NVL

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut