get app
inews
Aa Read Next : MK Tolak Gugatan Pilpres 2024 Versi Ganjar-Mahfud

Prihatin Putusan MK, Ratusan Tokoh Deklarasi Maklumat Juanda: Reformasi Kembali ke Titik Nol

Selasa, 17 Oktober 2023 | 09:50 WIB
header img
Deklarasi Maklumat Juanda di Jalan Ir. Juanda, Jakarta, Senin (16/10/2023) kemarin.

"Kedaulatan rakyat disingkirkan. Ruang publik dipersempit, oposisi menjelma aliansi kolusif, lembaga anti-korupsi dilemahkan, dan kekuatan eksekutif ditebalkan. Yang menentukan nasib kita: kekuasaan pemimpin nasional dan para majikan partai," katanya.

Penguasa dinilai telah menyalahgunakan demokrasi melalui peraturan perundang-undangan, mulai dari Revisi UU KPK, KUHP, hingga UU Cipta Kerja. Konflik kepentingan pejabat kabinet, menurut para pencetus Maklumat Juanda, sangat kuat. 

"Politik dinasti terasa kental ketika Presiden menyalahgunakan kekuasaan yang sedang dipegangnya untuk mengistimewakan keluarga sendiri. Anak-anaknya yang minim pengalaman dan prestasi politik menikmati jabatan publik maupun fasilitas bisnis yang tak mungkin didapat tanpa status anak Kepala Negara/Presiden yang berkuasa," papar Usman.

Presiden Jokowi pun, lanjut Usman, terus bermanuver untuk menentukan proses Pemilu 2024 dengan menggandeng kubu politik yang menjamin masa depan sendiri dan dinasti keluarga.

Rasa keadilan yang seyogianya dimiliki rakyat, kini diinjak-injak. Masa depan bangsa bak dijadikan ladang permainan segelintir elite.

"Kami memergoki perilaku politik yang nista dari penguasa dan kalangan atas ini. Ukuran moral, tentang yang adil dan tidak adil, yang patut dan tidak patut telah hilang," tutur Usman.

Editor : Lusius Genik NVL

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut