get app
inews
Aa Read Next : Mahfud Akui Dongkol Terima Hasil Pilpres, Tapi Tetap Move On

MK Tolak Sengketa Pilpres 2024 yang Diajukan Anies-Cak Imin

Senin, 22 April 2024 | 13:21 WIB
header img
MK menolak permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Foto: Tangkapan Layar Youtube Mahkamah Konstitusi

JAKARTA, iNewsBogor.id - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Keputusan tersebut diambil setelah MK membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

"Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," tegas Ketua MK Suhartoyo dalam persidangan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2024).

MK sebelumnya menyatakan berwenang mengadili permohonan Anies-Cak Imin dan selanjutnya membacakan pertimbangan terhadap berbagai dalil. "Pemohonan pemohon tidak beralasan hukum," ungkapnya.

Salah satu pertimbangan MK adalah dalil dari Anies-Cak Imin yang meminta Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, didiskualifikasi. MK menilai dalil tersebut tidak beralasan menurut hukum.

Lebih lanjut, MK menyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku termohon telah melaksanakan langkah-langkah sesuai aturan dalam menindaklanjuti putusan MK yang mengubah syarat pendaftaran capres-cawapres.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut