get app
inews
Aa Read Next : Gempa Garut, Warga Panik dan Berhamburan ke Luar Rumah

Kementerian PUPR: Warga Terdampak Bencana Alam Cianjur Bisa Segera Huni Huntap Tahap 3

Kamis, 15 Februari 2024 | 13:05 WIB
header img
Kementerian PUPR menyerahkan kunci hunian tetap (Huntap) Tahap 3 kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur dan masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi di Cianjur. (Foto: Dok. Kementerian PUPR).

Selain itu, juga dilakukan peninjauan unit Huntap oleh Kepala Balai P2P Jawa II Noviza Dwiarti Arsyad Tumenggung, Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Barat Rizaldi dan Bupati Cianjur Herman Suherman.
 
"Secara total keseluruhan Kementerian PUPR telah membangun Huntap dalam tiga tahap yakni tahap pertama di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku 200 unit, tahap kedua di Desa Murnisari, Kecamatan Mande 151 unit dan  tahap ketiga di Desa Babakan Karet, Kecamatan Cianjur 190 unit," terangnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Barat Balai P2P Jawa II, Rizaldi menjelaskan pembangunan Huntap tahap 3 dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya (Persero) dan Manajemen Konstruksi PR. Indah Karya (Persero) dengan masa pelaksanaan mulai Oktober 2023 hingga Maret 2024.

Pembangunan dilaksanakan di atas lahan seluas 2,7 hektar dengan  jumlah hunian 190 unit dengan tipe T-36 dan luas tanah 75 meter persegi dengan fasilitas dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur ruang keluarga. Di lokasi Huntap tahap 3 terbagi dalam tujuh blok yakni Blok A (28 unit), Blok B (38 unit), Blok C (43 unit), Blok D (36 unit), Blok E (17 unit), Blok F (20 unit), Blok G (8 unit).

Ruang lingkup pekerjaannya selain pembangunan Huntap dengan teknologi Ruspin juga membangun jalan lingkungan dan akses kawasan permukiman, drainase, penerangan jalan umum, fasilitas umum (Fasum) dan fasilitas sosial (Fasos) berupa balai warga, masjid dan pos jaga serta ruang terbuka atau taman. Kementerian PUPR juga melaksanakan distribusi air bersih, sumur dangkal dan toren serta pembangunan pagar kawasan.

Pada kesempatan itu, Bupati Cianjur Herman Suherman menyatakan terimakasih atas dukungan pembangunan Huntap yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR.

Menurutnya Huntap ini akan sangat bermanfaat mengingat masyarakat terdampak bencana alam di Kabupaten Cianjur masih memerlukan bantuan rumah layak huni.

"Saya mewakili masyarakat Cianjur mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas pembangunan Huntap Keme terian PUPR ini. Semoga infrastruktur perumahan yang dibangun membawa berkah jadi amal kebaikan yang diterima Allah," harapnya.

Dalam Huntap tahap ketiga ini, pihaknya juga menyediakan aset tanah Pemda untuk lokasi pembangunan. Dirinya juga menilai bahwa Huntap tahap ketiga yang dibangun di Desa Babakan Karet, Kecamatan Cianjur memiliki kualitas yang bagus serta berada di lingkungan yang baik dan ditunjang fasilitas lengkap.

"Huntap bantuan Kementerian PUPR ini gratis untuk masyarakat terdampak bencana. Kami berharap masyarakat bisa segera menghuni dan pihak desa bisa menyusun perangkat RT dan RW serta DKM sekaligus membentuk pengelolaan Fasum serta mengolah sampah yang ada di lingkungan ini," katanya. 

Salah seorang warga penerima bantuan Huntap, Roro Rosidin (57 tahun) dari Desa Cijedil mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan Huntap ini. Dia beserta keluarganya akan segera menempati Huntap dan ingin kembali bangkit setelah terdampak bencana.

"Alhamdulillah saya dan keluarga serta masyarakat terdampak bencana bisa tinggal di Huntap ini. Bangunannya bagus dan fasilitasnya lengkap dan kami harap bisa tinggal dengan nyaman," harapnya.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut