Bantah Pernyataan AHY Soal Ekonomi Mandek, Stafsus Menkeu: Pidato Politik Yang Menggelitik!

Lusius Genik N.L.
Kolase foto Stafsus Menkeu Yustinus Prastowo dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Akselerasi infrastruktur tentu tanpa menomorduakan perlindungan sosial bagi masyarakat rentan dan miskin, karena faktanya, lebih dari separuh APBN memberikan manfaat langsung kepada masyarakat,” ucapnya.

Prastowo turut menguraikan berbagai program pemerintah yang telah diterapkan untuk meningkatkan perlindungan dan bantuan bagi para pelaku UMKM dan memberdayakan masyarakat miskin dan rentan.

“Berbagai program pemberdayaan akses permodalan UMKM, serta untuk membantu masyarakat miskin dan rentan telah dilakukan melalui subsidi bunga, UMi, dan KUR. Pun demikian dengan akases ke pekerjaan melalui program Prakerja dan pelatihan di BLK,” tuturnya.

Juru bicara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati itu mengatakan, realisasi anggaran untuk mendukung UMKM pada 2022 mencapai Rp26,1 triliun. Kemudian realisasi untuk KUR Rp364,3 triliun untuk 7,6 juta debitur.

“Nilai penjaminan UMKM sebesar Rp12,7 triliun untuk 764 ribu debitur. Selain itu pemerintah memberikan jaminan korporasi Rp2,2 triliun untuk 8 debitur. Ketimbang bicara normatif belaka, lebih baik berpijak pada data dan fakta,” tegasnya.

Kemudian, ia menegaskan bahwa sejak 2019 hingga 2022, belanja pegawai tumbuh rata-rata 3,8 persen. Rinciannya antara lain, untuk kenaikan gaji dan pensiun pokok, THR, gaji ke-13, serta perbaikan tukin K/L seiring capaian reformasi birokrasi.

"Untuk tenaga pendidik, pada 2022 kita berikan TPG non PNS utk 577ribu guru dan TPG PNS utk 1,06jt guru. Tukin ini penilaian yg lebih fair karena didasarkan pada capaian kinerja,” jelasnya.

Dalam kurun waktu 2019 hingga 2022, subsidi non energi cenderung naik dengan rata-rata 36,8 persen yang difokuskan untuk subsidi pupuk. Pada 2022, sebanyak 7,4 juta ton subsidi pupuk tersalurkan.

“Di tahun 2023 ini Pemerintah tetap memberikan anggaran untuk subsidi pupuk dengan jumlah sebesar Rp25,3 triliun," ungkap Stafsus Sri Mulyani itu.

Selain itu, untuk menjamin petani menjual hasil panen pada harga terbaik, menurut dia pemerintah telah menerapkan kebijakan SSRG atau Skema Subsidi Resi Gudang.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network