Menkeu Sri Mulyani Sangat Happy Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,17%: Keren Abis!

Lusius Genik N.L.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menjadi peragawati di Istana Negara, Jakarta, 6 Agustus 2023. Sri Mulyani mengenakan Kebaya Betawi Encim. (Instagram).

Selain itu, investasi atau PMTB menguat 4,63 persen. Penguatan investasi ini didukung kebijakan struktural dan insentif dari pemerintah. 

Indikator lain yang mendorong pertumbuhan ekonomi RI, yakni tingginya  belanja pemerintah melalui APBN yang mencapai 10,62 persen. 

Belanja pemerintah yang signifikan ini tentu mendorong kegiatan ekonomi Indonesia di saat kinerja ekspor minus 2,75 persen dan impor minus 3,08 persen, akibat perlemahan ekonomi global.

Ani turut memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi secara spasial atau daerah merata.  

"Jawa tumbuh 5,18%. Sumatera 4,90%, Kalimantan 5,56%, Sulawesi 6,64%, Bali dan Nusa Tenggara 3,01% dan Papua 6,35%. Berbagai pembangunan infrastruktur mendorong pemerataan pembangunan seluruh negeri," papar Ani. 

Ke depan, pemerintah bakal menjaga momentum pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan sejumlah cara. Antara lain, terus menciptakan lapangan kerja, menurunkan angka pengangguran, mengurangi kesenjangan, serta menciptakan kesejahteraan yang adil dan merata.  

"APBN #uangkita sehat bekerja keras melindungi rakyat, dan mendukung ekonomi yang tumbuh berkualitas, merata dan berkelanjutan," pungkas Ani. 

Editor : Ifan Jafar Siddik

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network