get app
inews
Aa Read Next : Geger Kasus Cekok Miras, P2TP2A Cianjur: Peran Orang Tua Sangat Penting Dalam Memberikan Edukasi

Cianjur dan 3 Filosofi Kehidupan yang Melekat Ngaos, Mamaos dan Maenpo

Minggu, 31 Oktober 2021 | 08:33 WIB
header img
Pendopo Kabupaten Cianjur tahun 1920-an (foto: Humas Pemkab Cianjur)

CIANJUR secara teritorial berbatasan di utara dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Purwakarta. Sebelah barat berbatasan dengan wilayah Kabupaten Sukabumi

Sementara di timur berbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat dan di selatan berbatasan dengan Samudra Indonesia.

Cianjur memiliki sumber daya alam dari mulai pegunungan, perkebunan, pertanian, hingga sektor perikanan dan kelautan. 

Sejarah terbentuknya Cianjur yang memiliki 32 kecamatan ini cukup panjang. Catatan tertulis mengenai Cianjur ditemukan pada tiga abad sampai empat abad lampau, di masa nusantara masih tersusun oleh kerajaan dan penjajahan kolonial Belanda. 

Merangkum dari berbagai literasi termasuk catatan sejarah resmi yang ada di Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur, sekitar tanggal 12 Juli 1677, Raden Wiratanu putra dari R.A. Wangsa Goparana Dalem Sagara Herang, mengemban tugas untuk mempertahankan daerah Cimapag dari kekuasaan kolonial Belanda. 

Upaya Raden Wiratanu untuk mempertahankan daerah ini juga erat kaitannya dengan desakan Belanda (VOC) saat itu yang ingin mencoba menjalin kerjasama dengan Sultan Mataram Amangkurat I. 

Apalagi sejak tahun 1614 daerah Gunung Gede dan Gunung Pangrango ada di bawah Kesultanan Mataram. Namun sikap patriotik Amangkurat I yang tidak mau bekerjasama dengan Belanda mengakibatkan ia harus rela meninggalkan keraton tanggal 12 Juli 1677. Kejadian itu menunjukkan bahwa setelah itu Mataram terlepas dari wilayah kekuasaannya. 

Sekitar pertengahan abad ke 17 ada perpindahan rakyat dari Sagara Herang yang mencari tempat baru di pinggir sungai untuk bertani dan bermukim. Babakan atau kampung mereka dinamakan menurut nama sungai dimana pemukiman itu berada.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut