get app
inews
Aa Read Next : Kementerian PUPR Rencanakan Co-Creation, Libatkan Konsumen Tentukan Rumah Idaman

Tips Membeli Rumah Pertama, Berikut Ulasannya

Senin, 28 November 2022 | 12:24 WIB
header img
Tips membeli rumah pertama. Foto: iNewsBogor.id / istimewa

6. Rencana renovasi rumah ke depannya

Beli rumah juga harus dipikirkan tentang rencana ke depannya. Kamu dan pasangan yang berencana mempunyai anak mungkin ingin menambah jumlah kamar.

Jadi, pastikan rumah kamu itu bisa dibangun untuk menjadi lebih luas. Hal ini bisa dilihat dari rumah yang punya halaman luas, sehingga nanti sebagian dapat digunakan untuk membangun ruangan baru.

Atau memilih rumah yang siap untuk menjadi bangunan tingkat dua. Itu berarti rumah tersebut harus punya fondasi yang kuat.

7. Angsuran KPR disarankan tidak melebihi 35% dari pendapatan

Beli rumah dengan KPR disarankan sebaiknya memiliki total angsuran per bulan tidak melebihi 35% dari pendapatan per bulan yang diterima. Lebih dari itu, kamu sangat mungkin bisa kerepotan dalam melakukan pembayaran cicilannya.

Apalagi kamu punya kebutuhan lain dan ingin bisa menabung juga. Angsuran yang sesuai dengan kondisi keuanganmu bisa dinilai dari harga rumahnya dan besaran bunga yang diberlakukan oleh pihak bank. Untuk mengetahuinya, manfaatkan simulasi KPR.

8. Lebih baik jika memiliki asuransi rumah

Membeli rumah akan lebih aman dengan adanya asuransi rumah atau asuransi properti. Asuransi properti akan membantu kamu memproteksi rumah dari berbagai risiko bencana seperti kebakaran, banjir, tanah longsor, dan lainnya.

Jika kamu memilih KPR, biasanya akan disarankan bahkan diwajibkan untuk mengambil asuransi jiwa yang akan membantu pelunasan KPR ketika debitur meninggal dunia. Opsi asuransi bisa menjadi jalan keluar terbaik agar kamu bisa nyaman dan tenang tinggal di rumah sendiri selama masa KPR berlangsung.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut