get app
inews
Aa Read Next : Ganjar-Mahfud Siap Gugat Hasil Pemilu 2024 ke Mahkamah Konstitusi

Inisiator Independensi Polri Ungkap Potensi Penyalahgunaan Kekuasaan dalam Pemilu

Kamis, 28 Desember 2023 | 21:23 WIB
header img
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto : Tribata News/Ist)

JAKARTA, iNewsBogor.id - Pengajar Fisipol UI Sidratahta Mukhtar memaparkan sistem kepolisian yang saat ini sangat sentralistik karena adanya sistem komando yang dipimpin oleh Kapolri. Ia mengungkapkan sistem komando tersebut bisa terjadi penyalahgunaan kekuasaan dalam Pemilu.

"Meskipun dalam konstitusi Polri tunduk pada hukum tapi Polri menganut sistem komando," katanya dalam diskusi LP3ES di Jakarta, Selasa (26/12/2023).

Ia juga mengemukakan Kepolisian sulit dikontrol karena sistem komando dan sentralistik tadi. "Karena dipimpin oleh Kapolri yang sangat kuat. Di Indonesia ini unik karena polisi menganut sistem komando," tambahnya.

Kerentanan polisi dalam isu netralitas ini adalah akan rentan terjadi kalau tidak ada pengawasan. "Makin rendah tingkat pengawasan makin tinggi kemungkinan abuse of powernya," katanya.

Sementara itu, Akademisi Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) Titi Anggraini mengingatkan pentingnya aparat keamanan termasuk TNI/Polri untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut