get app
inews
Aa Read Next : PLN Siapkan 1.299 SPKLU di Seluruh Indonesia untuk Memfasilitasi Pemudik

PLN Power UBP Banten 3 Lontar Gunakan Limbah Batu Bara untuk Budidaya Labu Madu 

Jum'at, 22 Maret 2024 | 11:00 WIB
header img
PLN berhasil memanfaatkan hasil sisa pembakaran batu bara seperti fly ash dan bottom ash (FABA). Foto: Dok. Diskominfo Kab. Tangerang

TANGERANG, iNewsBogor.id - PT PLN Indonesia Power UBP Banten 3 Lontar, yang merupakan subholding dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), berhasil memanfaatkan hasil sisa pembakaran batu bara seperti fly ash dan bottom ash (FABA).

Selain itu, mereka juga memanfaatkan tepung cangkang kerang hasil filtrasi air laut dari proses produksi listrik. Kedua bahan tersebut digunakan sebagai substitusi media tanam dalam kegiatan budidaya labu madu.

Kegiatan budidaya labu madu ini dikelola oleh kelompok mitra binaan Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Lontar. Lokasi budidaya terletak di Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Batu bara, sebagai sumber energi utama Indonesia, menghasilkan sisa pembakaran berupa fly ash dan bottom ash. Dengan meningkatnya kebutuhan batu bara setiap tahunnya, produksi FABA pun ikut meningkat. Oleh karena itu, pengelolaan dan pemanfaatan FABA harus dilakukan secara bijaksana oleh stakeholder terkait.

Tidak hanya memiliki nilai guna dalam sektor infrastruktur dan stabilisasi lahan, FABA juga memiliki potensi ekonomis dan lingkungan. Studi dan penelitian telah menunjukkan bahwa FABA dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik untuk tanaman.

Selain FABA, PLN Indonesia Power UBP Banten 3 Lontar juga memproduksi limbah cangkang kerang dari proses filtrasi air laut. Cangkang kerang tersebut dikumpulkan dan diolah menjadi tepung.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut