Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Kota Bogor Target Epicentrum Produk Parekraf

Furqon Munawar
Menparekraf Sandiaga Uno saat menekan tombol digital KIck Off FIFTY 2024 di Swiss-Belinn Hotel, Kota Bogor. (Foto : Istimewa)

BOGOR, iNewsBogor.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Deputi Bidang Industri dan Investasi menyelenggarakan Kick Off Fintech Financing For Tourism And Creative Economy (FIFTY) 2024 di Lorena Ballroom, Swiss-belinn Hotel, Kota Bogor, Selasa (7/5/2024).

FIFTY merupakan sebuah platform akses pembiayaan teknologi finansial baik dari P2P Lending maupun Securities/ Equity Crowdfunding yang telah berizin OJK. FIFTY bertujuan untuk membantu para pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar lebih mudah mendapatkan pembiayaan. Yakni melalui pelatihan dan pendampingan secara terstruktur dan masif agar usahanya bisa scale up dengan lebih pesat.

Kick Off FIFTY dilakukan langsung Menteri Parekraf RI, Sandiaga Uno. "Kita ingin Kota Bogor ini jadi epicentrum produk - produk dan jasa parekraf kita. Dengan target terciptanya 4,4 juta lapangan pekerjaaan. Kita lihat booth parekraf di Kota Bogor itu sepertiga, tapi kalau kita lihat kegiatan MICE, Kota Bogor yang banyak mendapat kegiatan parekraf, " kata Sandiaga.

Menparekraf juga menyampaikan bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki kaitan yang sangat erat dengan UMKM. Setidaknya 70 persen pelaku wisata dan ekonomi kreatif di Indonesia adalah UMKM, namun permodalan masih menjadi salah satu kendala besar.

Menparekraf Sandiaga Uno, Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari, Sekda Syarifah Sofiah saat hadir bersama di Kick Off FIFTY 2024. (Foto : Istimewa)

 

Dengan melihat tingkat penetrasi internet Indonesia yang menyentuh angka 79,5 persen, hal ini bisa dioptimalkan sebagai momentum percepatan transformasi digital bagi para pelaku usaha parekraf. Salah satunya pemanfaatan transformasi digital bagi para UMKM adalah dengan memanfaatkan akses pembiayaan alternatif melalui platform teknologi finansial.

Editor : Furqon Munawar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network