get app
inews
Aa Read Next : Kenali Tanda dan Gejala Penyakit Ambeien Serta Jenisnya Berdasarkan Peneliti

3 Minuman Sehat dari Buah dan Sayur untuk Tangkal Covid-19

Minggu, 27 Juni 2021 | 17:01 WIB
header img
Minuman dari rempah seperti jahe, kunyit, temulawak, atau dari buah-buahan maupun sayur bisa meningkatkan daya tahan tubuh. (Foto: iNews.id/MedwaxC).

BOGOR, iNews.id – Meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas sangat penting terutama di masa pandemi Covid-19. Daya tahan tubuh yang baik akan menjaga badan tetap bugar untuk mencegah sakit, atau membantu mempercepat pemulihan seandainya terpapar infeksi.

Meningkatkan imunitas dapat diperoleh dengan banyak cara. Selain olahraga seimbang dan istirahat cukup, pola makan juga sangat berpengaruh. Banyak minuman dari buah atau sayur yang dapat menjadi booster bagi kesehatan.

Biasanya, beberapa minuman yang terbuat dari rempah seperti jahe, kunyit, temulawak, dan lainnya bermanfaat untuk meningkatkan imunitas. Begitu juga dari buah-buahan.

Dilansir dari laman Healthline, Rabu (23/6/2021), berikut ini empat minuman sehat yang bisa Anda konsumsi sehari-hari, agar imunitas tubuh jadi lebih kuat.

1. Jus Tomat

Tomat kaya akan vitamin B-9, umumnya dikenal sebagai folat. Ini membantu menurunkan risiko infeksi. Tomat juga mengandung magnesium dalam jumlah sedang, anti-inflamasi.

Untuk membuat jus tomat yang mudah dan tetap segar, Anda tidak perlu juicer atau blender, meskipun Anda harus menyaring potongan-potongannya menggunakan saringan.

Selain membuatnya jadi jus, Anda juga bisa memakan tomat secara langsung atau dijadikan campuran salad.

2. Jus Jeruk

Selama pandemi, asupan vitamin C menjadi hal yang paling penting. Banyak yang sudah menjualnya dengan berbagai bentuk, seperti sirup hingga tablet untuk diminum.

Vitamin C memiliki sifat antioksidan , yang melindungi sel-sel dari zat-zat yang merusak tubuh. Banyak penelitian menunjukkan, vitamin C bisa jadi salah satu alternatif mencegah Covid-19.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyembuhan luka yang tertunda, respons imun yang terganggu, dan ketidakmampuan untuk melawan infeksi. 

3. Campuran Bit, Wortel, Jahe dan Apel

Bit, wortel, jahe dan apel jadi perpaduan yang pas, sehat dan lezat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, dapat mengurangi gejala inflamasi.

Kemudian, peradangan seringkali merupakan respons imun terhadap infeksi yang berasal dari virus atau bakteri. Gejala pilek atau flu termasuk pilek, batuk, dan nyeri tubuh.

Orang yang menderita rheumatoid arthritis mungkin cocok mengonsumsi jus ini, karena sangat bermanfaat, sebab jahe memiliki efek anti-inflamasi.
 

Editor : ZenTeguh

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut