get app
inews
Aa Read Next : Panduan Praktis dalam Memilih Skincare yang Tepat untuk Kulit Anda

Jangan Remehkan Sarapan, Ternyata Bisa Menguatkan Kerja Otak

Sabtu, 29 Mei 2021 | 07:07 WIB
header img
Makan pagi atau sarapan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain meningkatkan imunitas dan kerja otak. (Foto: ilustrasi/Pixabay).

BogorRaya, iNews.id - Banyak orang tak pernah mau makan pagi alias sarapan karena dianggap tidak penting atau merasa belum lapar. Eit, jangan salah! Sarapan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berbagai studi menunjukkan, melewatkan sarapan akan meningkatkan risiko naiknya berat badan alias obesitas. Mengapa demikian? Alasannya selama tidur, tubuh berpuasa. 

Pada pagi hari tubuh membutuhkan asupan energi untuk mulai beraktivitas. Untuk itu, penting mengenali manfaat sarapan agar  hari-hari kita dapat dijalani dengan penuh energi. Sarapan juga diyakni dapat mendorong bekerjanya sistem kekebalan tubuh atau imunitas.
 
Mengutip Thedailymeal, Sabtu (29/5/2021), sarapan memiliki banyak manfaat. Berikut ringkasannya:
 
1. Menguatkan Kerja Otak
Setelah puasa semalaman, otak membutuhkan suplai glukosa (gula darah) segar untuk bahan bakar. Tanpa sarapan, tubuh akan kesulitan memproses informasi baru dan sukar mengingat.
 
2. Memberikan Nutrisi Esensial
Makan pagi yang diperkaya dengan nutrisi otomatis membuat tubuh berfungsi sehat. Nutrisi seperti folat, zat besi, vitamin B, serat, dan kebutuhan penting lainnya hanya diperoleh melalui makanan dalam sarapan.
 
3. Mengurangi Gangguan Makan
Meskipun melewatkan sarapan dianggap umum, namun hal itu sebenarnya bentuk gangguan makan. Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa anak perempuan berusia 13 tahun yang tidak sarapan, rata-rata tidak puas dengan bentuk tubuh mereka dibandingkan dengan mereka yang makan pagi biasa.

Editor : ZenTeguh

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut