Strategi Pemerintah Ajak Generasi Muda Cicil Rumah Vertikal di Perkotaan

Alpin Pulungan
Penampakan atas Rumah Susun Kementerian PUPR di Pasar Rumput, Jakarta Selatan. (Foto: Dok. Ditjen Perumahan PUPR).

Selain itu, Herry juga mengingatkan generasi muda soal pentingnya optimisme terhadap peningkatan penghasilan di masa depan. Harapannya adalah, meskipun masa cicilan mencapai 35 tahun, namun pembeli dapat melunasi lebih cepat, misalnya dalam waktu 15 tahun. Dengan begitu, harga rumah bisa lebih terjangkau karena dilunasi lebih awal.

Herry juga menekankan pentingnya kepercayaan diri bagi masyarakat untuk membeli rumah. Menurutnya, program ini tidak hanya sekadar memberikan akses terhadap hunian, tetapi juga memberikan keyakinan kepada pembeli bahwa mereka mampu melunasi kewajiban cicilan tersebut.

“Kita harus optimis rezekinya nanti akan bertambah. Jadi harapannya kita punya (cicilan) 35 (tahun), ya jangan juga dipakai 35 (tahun). Nanti (lunasi) 15 tahun sudah cukup,” ujarnya.

Keinginan generasi muda untuk tetap membeli rumah tapak di kawasan perkotaan yang padat jauh panggang dari api. Ketersediaan lahan yang terbatas menjadi salah satu hambatan utama dalam membangun rumah tapak dengan luas area yang memadai.

Dalam konteks kota Jakarta, misalnya, ketersediaan lahan untuk membangun rumah tapak tidaklah memungkinkan. Seseorang tidak akan mungkin membangun rumah tapak dengan luas area yang besar namun hanya untuk digunakan oleh satu keluarga.

Keterbatasan lahan tersebut yang akhirnya mendorong pemerintah menghadirkan rumah vertikal sebagai solusi alternatif. “Coba bayangkan 60 meter sendiri. Kalau di kota, yang pakai 60 meter sendiri, ya gimana padahal yang butuh banyak. Sehingga memang polihan vertikal itu harus,” kata Herry.

Editor : Furqon Munawar

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network